Resep Masakan Perkedel Tempe Mantap

Resep Masakan - Saya yakin Anda sudah tahu bahkan sering makan perkedel. Tapi apakah Anda pernah mencoba perkedel tempe? Ya, perkedel yang dibuat dengan bahan tempe bukan kentang pada umumnya. Saya akan memberikan resep masakan perkedel tempe ini untuk Anda.

Ternyata tidak hanya kentang yang bisa dibuat perkedel, tempe juga bisa.

Inilah uniknya Indonesia, hampir semua bahan masakan bisa di buat masakan enak lainnya.

Orang Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya tempe. Setiap hari pasti mereka memasak tempe sebagai menu yang tidak boleh tidak ada di meja makan.

Biasanya tempe hanya diolah dengan cara digoreng, itu merupakan cara yang paling mudah.

Yang paling keren adalah makan tempe bersama sambal pedas berikut lalaban yang bikin makan jadi tambah lezat.

Akhir-akhir ini tempe menjadi sangat viral karena banyak media yang mengekspos kandungan gizi yang terdapat dalam tempe yang ternyata memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Siapa sangka tempe yang menjadi makanan tradisional orang Indonesia, bahkan di identikan dengan masyarakat kelas bawah memiliki khasiat kesehatan yang tidak kalah dengan makanan atau sumber gizi lainnya.

Kita tidak bisa menganggap remeh tempe karena tempe mengandung gizi yang kaya akan antioksidan dan antibiotik.

Hal ini bisa membuat tubuh kita terutama anak-anak lebih sehat karena kedua kandungan tersebut ternyata bisa membantu menyembuhkan infeksi dan beberapa penyakit turunan lainnya.

Selain itu, melihat proses pembuatannya, tempe diolah dengan cara di fermentasi dengan ragi dan proses ini bisa menghasilkan suatu enzim pencernaan yang disebut zamur rizhopus oligoporus.

Enzim pencernaan ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan pencernaan kita.

Anda sekarang sudah tahu kan manfaat luar biasa dari tempe?

Sekarang mari kita bahas resep dan cara membuat perkedel tempe yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif atau cara enak lainnya untuk mengkonsumsi tempe.

Pada penjelasan selanjutnya saya sudah menguraikan resep masakan perkedel tempe yang mantap khusus untuk Anda.

Resep Masakan Perkedel Tempe Mantap
(Perkedel Tempe, Sumber Foto: vemaledotcom)

Bahan-bahan Perkedel Tempe:

  • 2 blok tempe dengan ukuran sedang
  • 2 batang daun bawang kemudian cincang halus
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang daun seledri juga dicincang halus
  • 1 butir telur ayam
  • Terasi secukupnya saja
  • Gula pasir, garam dan merica bubuk secukupnya
  • Jangan lupa minyak goreng untuk menggoreng tentunya

Cara membuat Perkedel Tempe:

  1. Pertama anda harus mengukus tempe selama kurang lebih 10 menit hingga tempe dirasa sudah empuk dan mudah untuk dihancurkan.
  2. Setelah dirasa empuk, kemudian hancurkan tempe tapi jangan terlalu halus. Hal ini karena nanti supaya tekstur tempenya masih terasa.
  3. Ulek bawang putih, garam, merica dan terasi sampai halus. Kemudian masukkan tempe yang sudah dihancurkan tadi ke dalam ulekkan bumbunya, aduk-aduk kembali hingga tempe tercampur rata dengan bumbunya.
  4. Lalu sekarang masukan 1 butir telur irisan seledri dan daun bawang. Aduk-aduk kembali adonan hingga tercampur dengan baik dan juga padat.
  5. Saatnya anda membuat bentuk bulat pipih. Ukurannya bisa anda sesuaikan sendiri sesuai selera anda. Lalu sisihkan.
  6. Panaskan minyak goreng di dalam wajan, kemudian goreng tempe yang sudah dibentuk tadi sampai warna nya berubah kecoklatan dan matang sempurna.
  7. Dan Perkedel Tempe siap untuk dinikmati.

Rekomendasi Resep : Resep Masakan Orak Arik Telur Asin

Sedikit tips untuk Anda, pilihlah tempe yang berkualitas bagus. Ingat, kualitas bahan menentukan rasa masakan yang kita buat.

Mudahnya Anda periksa tekstur dari tempe, apakah memiliki tekstur yang kompak dan seragam. Jika iya, itulah tempe yang bagus.

Selain itu, tempe haruslah berbau khas kedelai dan juga tidak terlalu panas ketika dipegang.

Kalau ketika dipegang terasa terlalu panas, berarti tempe sedang mengalami proses fermentasi secara berlebihan. Ini kurang bagus karena akan cepat membusuk.

Jika Anda masih memiliki tempe di rumah, ayo di buat perkedel tempe saja untuk hari ini. Resep perkedel tempe nya mudah untuk diikuti ko.

Bantu like dan share yang teman-teman.

Comments