Resep Masakan Sayur Asam Sunti Khas Aceh

Resep Masakan - Sayur asam sunti merupakan sayur asam khas Aceh di mana sayur asam ini dibuat dengan bahan-bahan yang khas seperti asam sunti yang mungkin hanya ada di daerah Aceh saja. Sayur ini memiliki citarasa yang segar dan enak tentunya.

Bagi Anda yang bosan dengan menu masakan sayur yang biasa Anda buat, saatnya Anda mencoba sayur asam sunti yang menjadi kesukaan masyarakat Aceh.

Mari kita kenali terlebih dahulu apa itu sayur asam sunti.

Sayur asam sunti ini menggunakan asam sunti sebagai bahan wajib yang harus ada.

Asam sunti ini terbuat dari belimbing wuluh yang sudah mengalami proses pengeringan dan penggaraman sehingga asam sunti bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Ini menjadi salah satu bumbu khas dari Aceh.

Citarasa dari sayur asam sunti ini sangat lezat. Disamping memiliki gizi yang tinggi, sayur ini memiliki aroma yang khas yang bisa menggugah selera makan kita.

Tahukah Anda bahwa belimbing wuluh tidak hanya sekedar bumbu masakan atau sayur saja.

Belimbing wuluh sebagai bahan pembuatan asam sunti ini pun memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh kita karena bisa menjadi obat sariawan bahkan menjadi obat penyakit tekanan darah tinggi karena kandungannya.

Selain itu, khasiat ini didukung pula oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa selain khasiat diatas, belimbing wuluh apabila dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang cukup bisa menyehatkan perut dan usus.

Tidak hanya itu, sayuran ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh bahkan bisa menjadi pelindung dari penyakit kanker.

Luar biasa bukan khasiatnya bagi tubuh?

Jadi sudah dipastikan kalau sayur asam sunti ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Bagi Anda yang ingin membuatnya, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan semua bahan-bahan serta bumbu nya di pasar tradisional dan juga supermarket.

Cara membuat sayur asam sunti pun relatif mudah.

Namun diperlukan juga kecermatan dan ketelitian dalam mengolah bahan-bahan serta bumbu sehingga menghasilkan masakan yang luar biasa.

Rasa dari sayur asam sunti cukup asam tetapi segar. Bagi Anda penderita maag, rasa asam ini masih aman. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun boleh mengkonsumsinya.

Sekilas sayur ini mirip dengan sayur lodeh. Akan tetapi setelah Anda membuatnya, Anda akan tahu dimana letak perbedaannya.

Sepertinya menyajikan sayur asam sunti untuk menu makan siang akan menjadi hal yang tepat karena akan membuat tubuh kita segar kembali setelah lelah bekerja.

Tidak perlu panjang lebar lagi, silahkan intip resep masakan sayur asam sunti khas Aceh secara lengkap.

Resep Masakan Sayur Asam Sunti Khas Aceh
(Sayur Asam Sunti Aceh, Sumber Foto: acehdottribunnewsdotcom)
 


Bahan Bahan Sayur Asam Sunti Aceh:

  • 7 buah asam sunti
  • Belah dua memanjang 2 buah belimbing sayur
  • Potong-potong sesuai selera 200 gram nangka muda
  • Potong-potong juga 4 lonjor kacang panjang sesuasi selera
  • Petiki 1 ikat (200 gram) daun ubi jalar
  • Potong-potong juga 15 gram daun melinjo sesuai keingingan anda
  • 1200 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa
  • Iris tipis-tipis 7 butir bawang merah
  • Iris tipis-tipis juga 4 siung bawang putih
  • 1 lembar daun salam
  • Memarkan 2 cm lengkuas
  • 2 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • Potong serong 3 buah cabai hijau besar sebesar 1/2 cm kemudian bijinya dibuang
  • Iris serong 3 buah cabai rawit merah

Cara Membuat Sayur Asam Sunti Aceh:

  1. Pertama anda rebus santan nya dicampur dengan beberapa bahan seperti irisan bawang merah, irisan bawang putih, daun salam, lengkuas yang telah dimemarkan tadi, garam, dan gula pasir. Aduk-aduk sampai rata dan masak sampai mendidih.
  2. Kemudian setelah mendidih masukkan nangka muda yang telah dipotong-potong tadi, masukkan juga potongan kacang panjang, daun ubi jalar, daun melinjo, irisan cabai hijau besar, irisan cabai rawit merah, lalu masukan bahan utamanya yaitu asam kunti, dan belimbing sayur. Aduk kembali semua bahan sampai tercampur rata.
  3. Masak sayur asam sunti sampai matang.
  4. Setelah matang, sayur asam sunti aceh pun siap untuk dihidangkan.

Rekomendasi Resep : Resep Masakan Tahu Goreng Tepung Udang Nyumput

Nah bagaimana sobat?sudah dicatat resep rahasianya?

Saya yakin Anda bisa membuat sayur asam sunti seenak yang dibuat oleh orang Aceh asli.

Selain rasa enak dan perut yang kenyang, kita pun akan mendapatkan manfaat kesehatan karena mengkonsumsinya secara teratur.

Semoga resep sayur asam sunti khas aceh ini bisa menambah wawasan masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia untuk Anda.

Comments